"Jenius adalah 1 % inspirasi dan 99 % keringat.Tidak ada yang dapat menggantikan kerja keras. Keberuntungan adalah sesuatu yang terjadi ketika kesempatan bertemu dengan kesiapan." Thomas A. Edison,

"Ketika satu pintu tertutup, pintu lain terbuka; namun terkadang kita melihat dan menyesali pintu tertutup tersebut terlalu lama hingga kita tidak melihat pintu lain yang telah terbuka." Alexander Graham Bell,

09 Juni 2008

Kereta Bayi Dorong


Jika sedang berpergian ke tempat-tempat umum, sering kali kita melihat para orangtua membawa kereta dorong bayi. Maklum saja, pegal juga rasanya jika harus menggendong bayi terlalu lama, apalagi sambil jalan-jalan. Sang bayi pun kebanyakan terlihat nyaman dalam kereta dorong. Tak jarang, banyak yang malah tertidur pulas sehingga orangtua pun menjadi lebih longgar untuk beraktivitas.

Tapi, tahukah Anda bagaimana kereta dorong bayi tercipta? Ternyata, itu adalah buah karya seorang arsitek asal Inggris yang ingin mempersembahkan hadiah untuk pangerannya.
Pada tahun 1733, William Kent untuk kali pertama memperkenalkan kereta dorong bayi. William Kent secara khusus mendesain kereta dorong bayi untuk dipersembahkan kepada anak ketiga dari Pangeran Devonshire. Bentuk kereta itu seperti sebuah kerang dan dapat ditarik oleh anjing atau kuda poni. Sayang, dari tahun ke tahun ide Kent tidak dipatenkan, sehingga ia tidak mendapatkan royalti dan pengakuan resmi atas karyanya itu.

Beberapa tahun kemudian, pada tahun 1848, Burton juga mencetuskan ide untuk membuat kereta dorong bayi. Burton mematenkan temuannya dan mendapatkan royalti dari para pelanggannya di luar negeri. Burton juga merancang kereta dorong bayi untuk Ratu Victoria, Ratu Isabel dari Spanyol, dan Pasha dari Mesir.

Kereta dorong bayi penemuan Kent dan Burton pada saat itu belum dapat dilipat. Kereta dorong bayi baru dapat dilipat setelah penemuan Parisian E. Baumann pada tahun 1906. Baumann menyadari kereta dorong bayi temuan Kent dan Burton tidak praktis karena pada saat kereta dorong bayi tersebut dibawa menginap maka akan sulit meletakkannya jika tempatnya sempit. Baumann pun memutar otak dan akhirnya menemukan desain kereta dorong bayi yang dapat dilipat. Baumman memberi nama penemuannya "The Dream".

Kemudian kereta dorong bayi beroda empat muncul untuk kali pertama di Landau, Jerman setelah perang dunia pertama. Saat itu, kereta dorong tersebut juga dilengkapi dengan aksesoris penutup kereta dorong. Kini, kereta dorong bayi sudah memiliki banyak variasi bentuk dan sudah diproduksi oleh tenaga mesin.

Ternyata niat untuk mempersembahkan hadiah terbaik bagi orang lain dapat membuat seseorang menemukan seseuatu yang terbaik pula. Kini kereta dorong bayi sangat mendunia dan banyak digunakan oleh para orangtua untuk membawa buah hati mereka bepergian.

Source: http://andriewongso.com


Tidak ada komentar: